Human error dan kecelakaan kerja

25 febuari 2018




    


     ASSALAMUALAIKUM WR.WB

A. Pendahuluan

       Hai teman teman disinni saya akan menjelaskan tentang human error dan kecelakaan kerja.

     1. Pengertian


    Apa itu human error? Menurut Dhillon, human error didefinisikan sebagai kegagalan untuk menyelesaikan sebuah tugas atau melakukan tindakan yang tidak diizinkan yang dapat menimbulkan cedera, kerusakan peralatan atau properti, dan menghambat proses pekerjaan. Sedangkan menurut George A. Peters, human error adalah suatu penyimpangan dari suatu performansi standar yang telah ditentukan sebelumnya, yang mengakibatkan adanya penundaan waktu yang tidak diinginkan, kesulitan, masalah, insiden, dan kegagalan.



    2. Latar Belakang


    human error mulai ada saat adanya suatu keselamatan kerja atau k3 yang di buat oleh suatu perusahaan demi keselamatan kerja para karyawanya


    3. Maksud Dan Tujuan


    dengan adanya k3 maka para pekerja akan lebih tertib dan menjaga keselamatan saat kerja oleh karena itu para pekerja harus wajib tau tentang k3

B. Alat Dan Bahan

    laptop
    internet

C. Pembahasan

 Pada dasarnya terdapat klasifikasi human error yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi penyebab kesalahan. Berikut klasifikasi dari human error secara umum:

1. Induced Human Error System

Terjadinya kesalahan yang dilakukan pekerja diakibatkan mekanisme suatu sistem. Misalnya, peraturan dari manajemen kurang ketat atau manajemen kurang menerapkan kedisiplinan.

2. Induced Human Error Design

Perancangan atau desain sistem kerja yang kurang baik memungkinkan pekerja melakukan kesalahan. Sesuai dengan kaidah atau hukum Murphy (Murphy Law), bila peralatan dirancang tidak sesuai dengan pengguna (dalam hal ergonomis), maka terdapat kemungkinan akan terjadi ketidaksesuaian dalam pemakaian peralatan tersebut, yang berpotensi menimbulkan human error.

 3. Pure Human Error

Kesalahan murni berasal dari pekerja itu sendiri, misalnya kurangnya pengalaman, kemampuan, dan aspek psikologis.


  • Sedangkan penyebab terjadinya human error mencakup beberapa faktor, di antaranya:
    Faktor individu :
    Tingkat keterampilan dan kompetensi yang rendah
    Pekerja mengalami kelelahan dan tidak konsentrasi saat bekerja
    Pekerja mengalami stres
    Pekerja menderita sakit atau masalah medis lainnya

    Faktor pekerjaan :
    Desain peralatan yang tidak sesuai atau tidak cocok dengan pengguna
    Kondisi lingkungan kerja dan tata letak peralatan yang buruk
    Prosedur kerja tidak jelas
    Peralatan kerja tidak layak
    Kompleksitas pekerjaan dan kondisi yang berlebihan
    Pencahayaan kurang baik
    Tingkat kebisingan berlebihan
    Rancangan tata letak fasilitas kerja yang buruk

    Faktor Manajemen :
    Prosedur kerja yang buruk
    Standard Operating Procedures (SOP) yang buruk
    Pelatihan dan pengawasan yang kurang memadai
    Manajemen hanya menerapkan komunikasi satu arah
    Kurangnya koordinasi dan tanggung jawab
    Lemahnya respons bila terjadi kecelakaan kerja
    Sistem keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang buruk
    Buruknya budaya K3 di perusahaan


D. Hal Yang Didapat


    mampu menganalisis dengan baik apa sih itu human error dan juga faktor yang menyebabkanya

E. Kesimpulan


    jadi human error tidak selamanya karena ulah dari pekerja itu sendiri oleh karena itu kita harus tetap jaga keselamatan saat bekerja

F.Penutup
     
     Sekian yang dapat saya sampaikan tentang human error dan kecelakaan kerja, saya ucapkan terima kasih.

                            WASSALAMUALAIKUM WR.WB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar